Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Unaaha

Jl. Inolobunggadue II no. 821 Unaaha - Kabupaten Konawe

Sosialisasi PERPRES No.29 Tahun 2014 dan PERMENPAN No. 53 Tahun 2014 mengenai SAKIP di PN Unaaha

Sosialisasi PERPRES No.29 Tahun 2014 dan PERMENPAN No. 53 Tahun 2014 mengenai SAKIP di PN Unaaha

 

Unaaha, pada hari Jumat tanggal 16 September 2022 telah dilakukan sosialisasi Sosialisasi Perpres No. 29 Tahun 2014 tentang SAKIP & Permenpan No. 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja & Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Ketua Pengadilan Negeri Unaaha, Ibu Dian Kurniawati menyampaikan satu-persatu materi yang diawali dengan pembahasan mengenai Perpres No. 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Di dalam Perpres No. 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan untuk penyusunan Laporan Kinerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Didalam penyelenggaraan SAKIP sendiri, terdapat beberapa komponen yang meliputi :

  1. Rencana strategis
  2. Perjanjian kinerja
  3. Pengukuran kinerja
  4. Pengelolaan data kinerja
  5. Pelaporan kinerja
  6. Reviu dan evaluasi kinerja

Setiap entitas akuntabilitas kinerja menyusun dan menyajikan laporan kinerja atas prestasi kerja yang dicapai berdasarkan penggunaan anggaran yang telah dialokasikan.

Laporan kinerja yang harus disajikan berupa :

  1. Laporan Kinerja Tahunan.
    Laporan disampaikan oleh kepala satuan kerja kepada pimpinan unit organisasi dan Laporan ini sudah berjalan di Pengadilan Negeri Unaaha.
  2. Laporan Kinerja interim / triwulan yang bersamaan dengan laporan triwulan keuangan.

 

 

Kemudian, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Unaaha, Bapak Tito Eliandi beserta Sekretaris Pengadilan Negeri Unaaha Bapak Abduh, dan Plh. Panitera Bapak Fajriansyah menyampaikan materi selanjutnya yaitu PERMENPAN NO 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Unaaha menjelaskan mengenai pengertian dari masing-masing laporan dan menunjukkan beberapa format laporan tersebut.

 







Open chat
ICAKEP PN. UNAAHA
Hallo... ICAKEP siap membantu anda
Skip to content